Woman using web address bar to surf on internet Premium Photo

Sumber: freepik.com

Kamu memiliki pekerjaan yang profesional dan ingin mencari klien melalui jaringan internet. Bisa saja dengan mendaftarkan diri pada Linkedin, tetapi ada cara lain yang bisa kamu tempuh yakni dengan memiliki website sendiri. Isi dari website tersebut sudah pasti berkaitan dengan bidang profesional yang kamu tekuni.

Seorang yang profesional biasanya dapat menunjukkan banyak sekali sertifikat yang berkaitan dengan bidangnya. Pilih ekstensi domain .pro yang cocok dipakai oleh para profesional di bidang masing-masing. Untuk memiliki website tersebut memerlukan persyaratan khusus dan siapa saja boleh mendaftar asalkan sudah memenuhi persyaratan tertentu.

Pengertian Domain .Pro

Ekstensi domain .pro berasal dari kata profesional yang mana mengindikasikan pemiliknya adalah seorang profesional yang keahlian sudah diukur berdasarkan standar atau sertifikat tertentu. Domain tersebut pertama kali diperkenalkan kepada pengguna internet sebagai generic top level domain (gTLD) pada tahun 2004.

Sampai dengan tahun 2008 sudah ada pendaftar domain .pro sekitar 160.000 website. Pemiliknya berasal dari seluruh dunia dan biasanya memerlukan sertifikat pengesahan khusus dari pemerintah maupun instansi resmi lain. Sertifikat tersebut perlu ditunjukkan pada saat mendaftarkan domain .pro.

Jadi semua website yang sudah menggunakan ekstensi tersebut sudah dijamin kualitas profesionalisme dari pemiliknya atau orang-orang yang tergabung di dalamnya. Bidang yang biasanya memerlukan beberapa sertifikat profesionalisme tersebut adalah information technology, real estate, finansial, akuntansi, teknik, pengacara, medis, dan lain sebagainya.

Persyaratan Mendaftar Domain .Pro

Bagi peminat domain .pro ini perlu untuk memenuhi sejumlah persyaratan tertentu. Kamu bisa melihat persyaratannya berikut ini.

  1. Pendaftar menyediakan suatu layanan yang bersifat professional
  2. Pendaftar sudah memiliki lisensi atau sertifikat dari badan resmi tertentu sesuai profesi masing-masing. Badan resmi tersebut memiliki verifikasi yang akurat dan setiap data disimpan dengan baik
  3. Pendaftar diperbolehkan untuk mendaftarkan domain level tiga yang mengandung ekstensi .pro, seperti:
  4. Hukum            : law.pro, bar.pro, jur.pro, avocat.pro, recht.pro
  5. Akuntansi        : cpa.pro, aca.pro, aaa.pro, acct.pro
  6. Medis              : med.pro
  7. Teknik             : eng.pro

Seluruh proses pengiriman informasi tersebut harus dikirimkan dalam waktu 44 hari. Pendaftarnya akan mendapatkan informasi untuk melengkapi seluruh persyaratan melalui email. Apabila belum mengirimkan persyaratan secara lengkap, domain yang didaftarkan belum dapat aktif. Proses mengaktifkan suatu domain akan diberitahu juga melalui email.

Sejarah Domain .Pro

Pada Juni 2004, domain .pro menjadi domain ketujuh yang diresmikan oleh ICANN. Kemudian, pada September 2004, RegistryPro mendaftarkan adanya pengembangan domain .pro dengan mencantumkan berbagai macam profesi di dalamnya. Misalkan saja, arc.pro untuk profesi arsitek, cfa.pro sebagai certified financial planners, dan dds.pro untuk dentist.

Tepat pada September 2008, ICANN menyetujui bahwa domain .pro perlu menyertakan sertifikat khusus maupun lisensi yang dikeluarkan oleh badan resmi, seperti pemerintah. Perkembangan pendaftar yang menggunakan domain ini cukup ramai sekarang, yakni mencapai sekitar 160.000 pemilik di seluruh dunia.

Domain tersebut memiliki pamor yang baik dan belum adanya laporan penggunaan domain untuk hal yang menyimpang sampai dengan saat ini. Kemungkinan besar itu berkat adanya persyaratan pembuatan berupa dokumen yang berhubungan dengan profesionalisme. Bahkan, pengumpulan dokumen tersebut perlu dilakukan ulang setiap kali memperpanjang domain.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Domain .Pro?

Apabila kamu berniat untuk mendaftarkan website dengan nama domain .pro, maka kamu dapat melakukannya melalui DomaiNesia. Hanya perlu menghubungi bagian customer care melalui chat, maka kamu akan mendapatkan balasan langsung dari tim kami dalam hitungan menit. Bahkan kamu dapat menghubungi bagian customer care kami selama 24 jam.

Setidaknya ada tiga jenis biaya yang harus kamu ketahui yakni biaya daftar, transfer, dan perpanjangan. Biaya daftar adalah biaya yang harus dibayar konsumen saat pertama kali mendaftarkan domain ke DomaiNesia. Ini berlaku bagi domain yang belum pernah diaktifkan melalui suatu provider domain murah manapun.

Biaya pendaftaran ini sedang terdapat promo, sehingga konsumen yang mendaftar pada saat promo masih berlaku bisa mendapatkan domain dengan harga lebih terjangkau dari harga normal. Apabila konsumen sudah memiliki domain yang aktif dan ingin berpindah layanan ke DomaiNesia, maka ia akan dikenakan biaya transfer.

Apabila domain yang dimiliki konsumen berupa .pro, maka biaya transfer yang perlu dibayar sekitar Rp 219.000 pada tahun 2020. Tentunya harga tersebut dapat berubah sesuai dengan ketentuan harga yang ditentukan oleh pihak DomaiNesia. Sedangkan jenis biaya yang terakhir adalah biaya perpanjangan. Harga perpanjangan umumnya sama dengan harga transfer.

Apa Keunggulan Menggunakan Domain .Pro Melalui DomaiNesia?

Tentunya terdapat beberapa kelebihan yang dapat konsumen peroleh dengan berlangganan di DomaiNesia. Keunggulan tersebut dapat dilihat dari beberapa segi, seperti sistem keamanan, support aktif, aktivasi yang instan, managed DNS, dan lain-lain pada setiap domain .pro pesanan konsumen. Setiap domain juga akan mendapatkan fitur privasi, seperti Whois.

Kamu juga bisa saja menghubungkan suatu domain menuju blog, Tumblr, maupun WordPress. Seluruh domain yang didaftarkan melalui DomaiNesia juga menjadi hak dan bisa diakses penuh oleh konsumen.